KENAPA HARUS LEBAH???



Adakah yang pernah ngerasain disengat lebah?? Saya salah satunya,,,dan kalo ada yang belum pernah ngerasainnya, rasanya tu bener-bener mantab banget, bengkak, senat-senut, dan perih banget,,,Emang sih, sakit banget kalo kena sengat lebah. Tapi, tahukah kamu bahwa sebenernya sengat lebah itu hanya digunakan untuk melindungi bangsanya dari pihak lain yang mengancam keberlangsungan hidup mereka dan mereka tidak akan membahayakan kawannya dengan “senjata” yang dimilikinya ini. Jadi, tidak ada tu istilah teman makan teman buat lebah. Mereka saling bergotong-royong, tolong-menolong membangun kehidupan, hidup berkelompok, berjamaah, saling membagi tugas dan menjalankan fungsinya masing-masing. Selain itu, hewan ini dijadikan contoh oleh Rasulullah SAW untuk menggambarkan umat muslim. Jadi, KENAPA LEBAH?? APA ISTIMEWANYA??? sampe-sampe Rasul menyuruh kita untuk “belajar” darinya.
Rasulullah SAW bersabdah, “Perumpamaan orang muslim itu seperti lebah. Jika ia makan, maka ia memakan apa-apa yang baik, jika ia mengeluarkan sesuatu yang baik, jika ia hinggap didahan ia tidak mematahkannya.”
(Riwayat Ahmad)
Subhanallah,,ternyata lebah itu istimewa!! Lebah hanya makan makanan yang baik. Mengambil nutrisi dari bahan-bahan yang baik, memilah jutaan bahan yang ada di alam untuk memberikan yang terbaik. Bekerja keras mencari ribuan serbuk sari untuk diolah menjadi setetes madu. Madu sendiri dalam Q.S. An-Nahl : 69 memiliki manfaat nyata sebagi obat.
“......... Dari perut lebah itu dikeluarkan minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yg demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan”
Tidak hanya madu lo, tapi juga lilin. Dalam Tafsir Al Qasimi, 10/3829 (Hidayatullah, 2010), Imam Al Ghazali menyebutkan bahwa lebah juga menghasilkan lilin yang bermanfaat bagi manusia untuk dijadikan sumber penerangan.
…jika ia hinggap didahan ia tidak mematahkannya.” Meskipun ia bekerja keras untuk menghasilkan yang terbaik dari yang terbaik, tetapi dalam proses produksinya, ia sama sekali tidak merugikan siapapun. Tidak juga sang tanaman yang telah diambil serbuk sarinya. Tidak didapati adanya kerusakan bunga dan dahan akibat dari proses ini. Malah sebaliknya, Ia mampu memberikan manfaat untuk tanaman tersebut. Ia membantu dalam proses penyerbukan yang berfungsi untuk mempertahankan kelangsungan hidup sang tanaman. Subhanallah, subhanallah, subhanallah,,,,,istimewanya lebah dengan sifat-sifat mulia yang dititipkan Allah padanya. Jadi, bukankan kita sudah seharusnya berkaca pada diri sendiri, sang khalifah ini,,,,apakah kita telah memiliki sebagian dari sifat-sifat mulia ini??belajar yuk pada sang lebah,,,kita pasti mampu untuk mempelajari sifat-sifat itu, iyakan teman??? ^^

0 komentar:

Posting Komentar