Ebook asik juga,,^^

Saya suka banget baca, suka baca novel, komik, buku motivasi, biografi, jurnal (hahh, yakin??), majalah, tabloid, koran, reklame, brosur, buku tabungan (eh, ini termasuk macam bacaan g?), dan banyak macam bacaan lainnya yang suka saya baca. Sekarang ini, saya lagi suka banget baca e-book alias electronic book. Kalo buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Informasi digital dapat disajikan dalam beberapa formal, antara lain teks polos (Microsoft Word), PDF, JPEG, LIT, HTML, dan OPF. E-book sendiri bisa dibuka pada beberapa media elektronik yang dilengkapi kemampuan untuk membaca format buku elektronik tersebut, seperti: PC (Personal Computer), notebook, tablet, mp4 player, cellular phone, dan lain-lainnya. Masing-masing format memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga bergantung dari alat yang digunakan untuk membaca buku elektronik tersebut.


Kembali ke topik,jadi kenapa saya suka e-book??


Yang pertama, karena sering kali untuk dapetin e-book kita cuma modal koneksi internet aja, dan selanjutnya free download sepuasnya. Kalo di Indonesia, beberapa sumber buku elektronik yang legal antara lain dirilis oleh Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) dengan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan juga Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) dengan BUKU-e.

Alasan kedua
, karena e-book itu digital book yang g perlu dicetak dikertas. Dengan makin meningkatnya minat membaca di seluruh dunia, sehingga ikut meningkatkan kebutuhan akan kertas sebagai salah satu media yang paling umum digunakan untuk menulis. Kebutuhan akan kertas ini menyebabkan meningkatkan penebangan terhadap pohon. Namun sayangnya, laju penebangan ini tidak dapat diimbangi dengan laju pertumbuhan pohon yang membutuhkan waktu bulanan hingga tahunan, sehingga g heran kalo banyak bermunculan penebangan-penebangan liar di hutan Indonesia. Melihat kenyataan ini, bisa dibilang bahwa penggunaan e-book ini lebih ramah lingkungan karena ikut berperan dalam meminimalisasi penebangan.

Dan alasan yang terakhir
karena penggunaannya lebih ringkas dan praktis. B
uku elektronik diminati karena ukurannya yang kecil bila dibandingkan dengan buku, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. Selain itu, dengan menggunakan e-book kita g perlu menghabiskan banyak ruang untuk menyimpan buku dan literature dan lebih hemat biaya perawatan. 
               
 Nah, kalo dilihat dari sisi kekurangannya,,,kadang kalo kelamaan baca di depan monitor atau LCD tu suka bikin mata sepet buat yang g biasa. Ya ga sihh?? Tapi berhubung aku udah biasa jadi ya lanjut aja,,,Kekurangan lainnya, seperti halnya rayap dan kutu buku yang jadi masalah pada buku konvesional, e-book juga punya “musuh” semacam mereka, cuma namanya aja yang beda,yaitu virus. Virus pada data-data digital udah jadi musuh yang lumrah ditemui saat ini dan bersyukurnya karena saat ini anti-virus dapat diunduh secara gratisan di jaringan internet, sehingga dapat membantu menjaga kelangsungan koleksi-koleksi buku digital kita. Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari e-book yang saya rasain, penilaian ini sifatnya obyektif banget,,,namanya juga curhatan,hehee,,.dan yang terakhir, sedikit saran saya, suka atau g suka dg penggunaan e-book, bagaimanapun medianya, semoga minat membaca kita bisa terus ditingkatkan biar g terus-terusan jadi bangsa yang tertinggal (nasehat buat saya juga nie,hehe,,,).

NB (Nambah Bicara,hehe,,#ngasal): 
 Akhir-akhir ini saya lagi suka baca buku-buku manajemen dan bisnis. Salah tiga yang paling saya suka tu : Blue Ocean Strategy, Rahasia Jadi Enterpreneur Muda, dan 7 Keajaiban Rezeki. Kalo berminat, saya punya link buat ketiga ebook keren itu: 

2 komentar:

  • DK | 16 Agustus 2011 pukul 03.01

    emang ebook lebih mengurangi pemakaian kertas,tetapi entah saya masih menyukai buku biasa,bisa dibawa kemana-mana,ya mungkin belum punya tablet pc kali ya..laen lagi klo sudah punya,hehe..
    Satu kekurangan ebook ini adalah rawan dibajak dengan mudah..tapi ya emang teknologi selalu ada +/-

    ijin donlot yak

  • callmeAngs | 17 Januari 2012 pukul 04.03

    sipooo mas, monggo di donlot,,,, smg bermanfaat ^^

Posting Komentar